Pilihan Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Aman!

Obat sakit kepala untuk ibu hamil amankah dikonsumsi? Obat sakit kepala untuk para ibu hamil jangan sembarangan dipilih, tetapi harus ditentukan dengan hati-hati, sebab hal ini berkaitan erat dengan kesehatan dua orang, yaitu ibu dan calon bayi.

Bagi masyarakat umum, sakit kepala bukan dipandang sebagai gangguan kesehatan yang parah atau serius, minimal bila dibandingkan sakit demam dan masuk angin.

Tapi, dalam beberapa kasus, penyakit sakit kepala ini dapat sangat mengganggu, khususnya bagi ibu hamil yang menderita sakit kepala. Sakit kepala pada ibu hamil tak hanya mengganggu kesehatan si ibu hamil dan calon bayinya, tetapi juga bisa mengakibatkan gangguan emosi sang calon ibu.

Oleh sebab itulah, para ibu hamil yang telah terlanjur terkena penyakit sakit kepala, segeralah cari solusi pengobatan yang aman sekaligus tepat supaya penyakit ini bisa segera hilang. Apa obatnya?

Pilih Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Aman!

Berbagai macam keluhan kesehatan muncul sejak awal masa kehamilan, salah satunya yaitu sakit kepala. Mau mengonsumsi obat, tetapi takut tak aman bagi kehamilan.

Migrain atau sakit kepala sebelah adalah keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil, terutama mereka yang baru hamil kali pertama. Penyebabnya sudah pasti adalah adanya perubahan kadar hormon, depresi, dan stres.

Pada dasarnya, memilih obat sakit kepala yang tepat itu jauh lebih sulit daripada memilih baju atau memilih makanan, sebab seseorang harus selektif memilihnya.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis pengobatan sakit kepala yang aman bagi ibu hamil.

Obat Tradisional Sakit Kepala untuk Ibu Hamil

Obat sakit kepala untuk ibu hamil yang cocok apa ya? Para ibu hamil sangat dianjurkan untuk memilih pengobatan tradisional saat mengobati penyakit, sebab tak ada efek samping dan tak ada pula risiko kesehatan yang ditimbulkan.

Tak hanya itu, sebagian besar obat sakit kepala tak memperbolehkan para ibu hamil untuk mengonsumsinya, sehingga pengobatan tradisional adalah pilihan nomor satu untuk mengatasi sakit kepala.

Selain tak memiliki risiko efek samping, pengobatan sakit kepala secara tradisional pun umumnya memakai bahan-bahan alami dan herbal yang sangat mudah dijumpai di sekitar kita.

Jadi, jika ingin memperoleh pengobatan sakit kepala yang aman dan mudah, pengobatan sakit kepala dengan cara tradisional merupakan pilihan paling bagus.

Pengobatan tradisional itu banyak pilihan yang bisa dilakukan seperti memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal dan bisa juga tanpa obat, yaitu dengan istirahat. Berikut ini cara pengobatannya.

  • Pengobatan tradisional yang satu ini adalah dengan menggunakan tumbuhan turi. Siapkan segenggam daun turi dan juga 7 biji daun turi. Sesudah dicampur sampai halus semua bahan dari tumbuhan turi tadi, campur juga dengan bawang putih dan lada. Jika semua bahannya telah halus, campur lagi menggunakan cuka sedikit dan oleskan di bagian dahi sampai rasa sakit kepalanya hilang.
  • Pengobatan alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan gula putih, garam, dan juga sedikit air jeruk nipis. Nah, campurlah bahan-bahan tersebut menggunakan air teh panas, lalu diminum saat sudah sedikit mendingin.

Terapi Alternatif

Pengobatan sakit kepala bisa juga dilakukan tanpa mengonsumsi obat apa pun, yaitu dengan cara terapi alternatif berikut ini.

  • Khusus untuk sakit kepala karena kelelahan, makan serta istirahat cukup meupakan obat alami sakit kepala untuk ibu hamil.
  • Jalan kaki pun bisa menjadi terapi alternatif sakit kepala bagi ibu hamil. Ya, melakukan aktivitas berjalan kaki rutin dan secara teratur di alam bebas pada pagi hari ditambah dengan udara bersih serta segar adalah cara untuk mengatasi sakit kepala ibu hamil.
  • Terapi selanjutnya adalah beristirahat, misalnya tidur siang dengan menutup kedua mata menggunakan kain yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam air es atau menggunakan penutup mata dingin.
  • Memijat kepala sampai bahu. Lakukanlah pemijatan di daerah kepala lalu ke leher sampai ke bagian bahu dengan lembut. Agar lebih maksimal hasilnya, mintalah suami Anda untuk melakukan pemijatan ini.

Tidak ada salahnya para ibu hamil mencoba terlebih dulu pengobatan alami untuk mengatasi sakit kepala. Bila sakit kepala dirasa tak mempan dengan pengobatan tradisional, konsumsilah obat kimia yang aman untuk kehamilan. Apa itu?

Obat Kimia yang Aman dan Tidak Aman

Obat kimia sakit kepala yang aman dan yang tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil penting diketahui sehingga tak terjadi kesalahan dalam memilihnya.

Satu-satunya obat kimia yang dianggap aman untuk ibu hamil yang mengalami sakit kepala adalah parasetamol. Sementara itu, yang tidak aman adalah sebagai berikut.

  • Walaupun hingga saat ini tak terjadi kasus cacat janin akibat aspirin, obat ini sudah terbukti bisa mengganggu tahapan proses perkembangan hati si janin.
  • Obat jenis ini berisiko menyebabkan kelainan atau cacat pada janin.
  • Ibuprofen, terindikasi berisiko menyebabkan gangguan saat proses pembentukan hati si janin.

Jika ingin aman, pilihlah obat sakit kepala untuk ibu hamil yang aman. Simpel bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *