Persalinan dengan ILA, Normal dan Tanpa Rasa Sakit

Persalinan dengan ILA merupakan salah satu alternatif persalinan yang dapat dipilih oleh Ibu. Pada umumnya, seorang Ibu akan merasa cemas, takut, gelisah, serta tegang menjelang masa kelahirannya. Ini merupakan hal wajar yang biasa dirasakan calon Ibu, apalagi bagi mereka yang baru akan melahirkan anak pertamanya. Bayangan rasa sakit dan nyeri bahkan bisa  membuat calon Ibu stress. Sekarang, anda tidak perlu khawatir, karena tim medis telah menemukan cara baru untuk mengatasi hal ini. Ilmu kedokteran telah menemukan ILA yang berfungsi untuk meminimalkan rasa sakit pada proses persalinan.

Pengertian dan Fungsi ILA

ILA atau Intrathecal Labor Analgesia merupakan teknik pengurangan rasa sakit pada saat melahirkan dengan cara penyuntikkan obat penghilang rasa sakit ke dalam cairan saraf tulang belakang atau rongga epidural yang dimiliki Ibu. Penyuntikkan cairan ini dilakukan ketika calon Ibu telah memasuki kontraksi atau tahap kelahiran yang pertama. Obat ini akan bekerja mengurangi rasa sakit pada setiap kontraksi yang terjadi. Terkadang, sensasi kesemutan pada kedua tungkai dan perasaan lemas akan dirasakan pasca penyuntikkan obat ini.

Sebagian besar Ibu yang memilih melahirkan dengan ILA selalu mengalami perbaikan pola kontraksi. Namun, pada sebagian lainnya ada juga yang justru mengalami perlambatan kontraksi rahim. Efek samping yang dimiliki persalinan dengan ILA cukup ringan dan dan tidak berbahaya. Peyuntikkan obat penghilang rasa sakit tidak memberi pengaruh buruk bagi Ibu dan kondisi janin. Efek samping yang mungkin terjadi hanya sebatas gatal-gatal ringan serta rasa mual. Keduanya merupakan gejala yang mudah untuk di atasi.

Keuntungan Persalinan dengan ILA

ILA tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah rasa sakit dan nyeri ketika melahirkan dapat diminimalkan. Janji rasa sakit yang berkurang ini sangat berguna untuk menenangkan calon Ibu yang takut dan gelisah karena terbayang-bayang rasa sakit saat proses persalinan. Sehingga calon Ibu bisa bersikap tenang kembali dan terjauhkan dari ancaman stress menjelang kelahiran.

Selain itu, proses kelahiran dengan bantuan ILA juga terbukti aman dan tidak memiliki efek berbahaya yang bisa membahayakan Ibu dan bayi yang dikadung. Ibu tetap bisa melahirkan secara normal karena ILA bukan merupakan obat bius yang menghilangkan kesadaran, melainkan hanya obat penghilang rasa sakit. Pada proses persalinan pun, calon Ibu tetap bisa mengejan untuk mengeluarkan bayinya. Ibu bisa langsung memberikan ASI kepada anaknya setelah proses persalinan dengan ILA selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *