Mengapa Banyak Komedo di Hidung dan Wajah ?

Mengapa banyak komedo di hidung dan wajah? Berbahayakah keadaan seperti itu? Komedo pada dasarnya bukanlah penyakit kulit sehingga tidak membahayakan. Hanya saja komedo bisa menjadi radang, karenanya perlu perawatan yang tepat. Komedo terjadi karena adanya sumbatan kotoran berupa minyak, hasil sisa makeup debu dan kotoran lainnya di pori-pori.

Kenalilah jenis kulit. Kemudian sesuaiakan dengan pembersih wajah. Komedo lebih banyak ditemukan pada kulit yang berminyak. Pilihlah pembersih yang cocok. Berilah waktu satu bulan untuk melihat efektivitasnya. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit normal dan cenderung berminyak gunakan pelembab jenis oil free. Namun demikian tubuh mempunyai sistem tersendiri yang mengatur kelembaban  secara alami.

Mengapa Banyak Komedo di Hidung dan Wajah ?

Hindari produk perawatan tubuh yang memicu terjadinya sumbatan pada pori-pori dan berpotensi menimbulkan terjadinya banyak komedo di hidung dan wajah. Zat tersebut dinamakan comedogenic. Susu pembersih adalah salah satunya. Sadarkah kita bahwa bedak padat adalah zat comedogenic yang paling tinggi konsentratnya.

Perawatan Menghilangkan Si Komedo

Komedo paling banyak dijumpai di daerah yang mengandung minyak terbanyak di bagian wajah, yaitu daerah T, yaitu daerah hidung, dagu  dan dahi. Beberapa perawatan untuk menghalau si komedo bertujuan agar meminimalkan produksi minyak dan menghilangkan bintik. Perawatan yang bisa dipilih adalah

Akupuntur

Banyak yang belum mengetahui bahwa akupuntur mempunyai nilai yang sangat efektif sekali untuk kasus estetika termasuk penghilang komedo. Teknik akupuntur akan menyeimbangkan kadar minyak di wajah, mengaktifkan kembali sel kulit mati  dan membuat sirkulasi darah lebih lancar.  Akupuntur dilakukan dengan cara menusukan jarum halus di daerah tertentu. Untuk mencapai hasil yang optimal kombinasikan dengan facial. Berdasarkan pengalaman, akupuntur dinilai lebih cepat memberikan kesembuhan.

Facial

Facial juga salah satu cara yang banyak ditempuh untuk menyingkirkan komedo.  Lakukan facial sebulan sekali atau tiap 2 minggu tergantung banyaknya komedo. Pilihlah di waktu sesudah haid, untuk menghidari terjadinya perubahan hormon yang memicu terjadinya peningkatan  kadar minyak.

Rajin Cuci Muka

Mencuci muka dengan air adalah cara yang paling sederhana. Gunakan air garam untuk membilas wajah yang dihinggapi komedo. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok garam dengan air hangat. Garam bersifat mengerutkan atau menciutkan jaringan, sehingga produksi minyak dapat diminimalkan.

Pada dasarnya komedo berbeda dengan jerawat. Jerawat terjadi karena adanya peradangan, dan komedo terjadi karena sumbatan minyak dan kotoran seperti sisa makeup, namun komedo bisa berkembang dan    meradang sehingga menjadi jerawat.

Walaupun komedo bukan keadaan yang serius, namun bisa sangat mengganggu penampilan. Faktor utama penyebab timbulnya komedo hanyalah kurangnya menjaga kebersihan. Untuk menjaga kebersihan wajah di mulai dengan hal yang sederhana seperti rajin mencuci muka sehabis beraktifitas ataupun menggunakan makeup. Banyak komedo di hidung dan wajah bukanlah masalah yang besar jika tahu cara mencegahnya seperti yang dipaparkan di atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *