Jenis Asupan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Kehamilan adalah sebuah anugerah yang berisikan amanat dari Tuhan sehingga sebagai calon ibu yang baik perlu memerhatikan kesehatan janin. Menjaga kesehatan janin dapat dilakukan dengan memerhatikan asupan yang perlu dihindari ibu hamil. Tujuan menghindari makanan tertentu adalah untuk membantu janin melindungi diri dari kandungan makanan yang tidak baik bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

Jenis-jenis Asupan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Banyak orang yang salah menduga tentang asupan makanan selama masa kehamilan. Mereka berpikir bahwa makanan sehat hanya makanan yang berharga mahal dan dijual di pasar modern. Anggapan tersebut tidak benar dan justru kebalikannya, makanan mahal dan dikatagorikan sebagai makananjunkfood tidaklah baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu pula makanan instan juga harus dihindari oleh hamil sebab banyak mengandung penyedap rasa sintesis.

Kesalahan anggapan juga terjadi pada pemilihan buah-buahan. Kesalahan tersebut ditunjukkan dengan dilarangnya mengonsumsi semangka, nanas, dan durian pada masa kehamilan sebab buah-buahan itu baik juga untuk pertumbuhan janin. Tentu saja Anda boleh mengonsumsi buah larangan tersebut dengan syarat tidak melebihi porsi. Cukup satu irisan kecil untuk sekadar memenuhi rasa ingin mengonsumsi, bukan dalam porsi besar.

Selain itu asupan yang perlu dihindari ibu hamil adalah makanan berkafein dan beralkohol seperti kopi dan softdrink. Ada pula minuman yang baik untuk kesehatan namun ternyata tidak baik untuk dikonsumsi saat hamil, yakni teh hijau. Saat memilih makanan, hindari makanan yang dimasak setengah matang bahkan mentah meski pada kondisi tidak hamil sayuran mentah baik untuk kesehatan.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging dan ikan maka pastikan proses memasak daging dan ikan sudah tepat sehingga tidak mengkhwatirkan untuk kesehatan ibu dan janin. Sebab daging dan ikan dapat mengandung merkuri dari asalnya sehingga dibutuhkan proses panjang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Telur dan susu merupakan asupan makanan yang baik untuk tubuh namun saat hamil Anda perlu memerhatikan kebutuhan kedua makanan tersebut. Belilah telur yang sehat, yakni tidak ada retakan serta saat dipecah tidak tercium bau busuk. Sedangkan untuk pemilihan susu pastikan susu tersebut telah diolah dengan benar dan hentikan mengonsumsi susu sapi atau kambing selama masa kehamilan.

Tips Menjaga Asupan Makan

Untuk menjaga keseimbangan bobot Anda dengan pertumbuhan dan perkembangan janin maka Anda harus pandai mengatur pola makan. Selain memerhatikan asupan makanan Anda juga perlu memerhatikan porsinya. Porsi ideal bagi ibu hamil adalah tiga kali makan besar dan tiga kali makan kecil yang diimbangi dengan olahraga teratur.

Demikian artikel singkat mengenai asupan yang perlu dihindari ibu hamil. Semoga dapat membantu Anda melewati masa kehamilan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *