Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Apa Manfaatnya?

Jalan kaki untuk ibu hamil apakah bermanfaat? Inilah salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para suami saat kandungan istrinya memasuki usia trisemester akhir. Pertanyaan ini muncul karena para ibu hamil merasa khawatir akan proses persalinannya nanti, terlebih bagi bumil yang akan melahirkan anak pertama. Bermanfaatkah jalan kaki untuk para ibu hamil?

Jalan Kaki untuk Ibu Hamil Apa Manfaatnya?

Tak sedikit bumil (ibu hamil) yang merasa cemas dengan proses persalinannya saat usia kehamilannya memasuki trisemester akhir. Oleh sebab itulah, di sini diberikan informasi yang akan membantu bumil mengatasi kecemasan menanti datangnya persalinan.

Sebaiknya, info yang diperoleh oleh bumil menjelang persalinan ini diinformasikan kembali kepada suami Anda sebagai pendamping siaga yang nanti akan menemani istrinya saat persalinan.

Tak hanya mengetahui info lengkap menjelang persalinan, info lain yang wajib diketahui juga yaitu cara-cara mempersiapkan diri menjelang tibanya persalinan.

Tak hanya berlaku untuk pasangan suami istri yang baru dan akan menyambut kelahiran bayi pertama mereka, tetapi juga bagi para bumil yang merasakan kecemasan saat menjelang persalinan tiba.

Beberapa persiapan yang harus dipersiapkan saat akan menghadapi persalinan adalah kemampuan mengelola stres, ketenangan, serta mengurangi rasa takut menghadapi proses persalinan.

Selain itu, persiapkan juga hal-hal lainnya, salah satunya yang sangat penting walaupun termasuk sederhana adalah melakukan jalan kaki rutin setiap pagi hari untuk memperlancar persalinan.

Tak ada bumil yang tak ingin persalinannya berjalan normal. Ya, persalinan yang normal dan lancar sangat diidam-idamkan oleh semua wanita.

Bagi yang ingin proses persalinannya normal dan lancar, para bumil bisa memperoleh manfaatnya dengan melakukan jalan kaki rutin setiap pagi. Berjalan kaki tiap pagi bagi kesehatan bumil bermanfaat untuk memberi efek ketenangan dan kesegaran udara.

Gerakan jalan kaki di pagi hari adalah gerakan yang sangat sehat, aman, dan yang pasti paling mudah dilakukan para bumil.

Ingin tahu apa saja manfaat jalan kaki untuk ibu hamil? Ini dia beberapa manfaatnya.

Menguatkan Otot Menjelang Persalinan

Bagi para ibu hamil yang melakukan aktivitas jalan kaki rutin setiap pagi, khususnya pada trisemester ketiga, aktivitas tersebut akan sangat membantu dalam persiapan persalinan. Otot-otot yang diperlukan untuk membantuk persalinan akan jadi lebih kuat.

Sebuah riset menjelaskan bahwa hanya dengan melakukan gerakan sederhana dan ringan yang dilakukan ibu hamil, otot menjadi kuat, salah satunya adalah otot panggul, sehingga akan mempermudah proses persalinan.

Menghindari Risiko Kehamilan Bermasalah

Dengan teratur melakukan gerakan di pagi hari, termasuk jalan kaki, selama masa kehamilan, maka risiko mengalami kehamilan bermasalah dapat dihindari atau diminimalisir. Risiko-risiko tersebut di antaranya risiko diabetes, risiko pre-eklamsia, dan risiko-risiko lainnya.

Para Ibu Hamil Menjadi Lebih Segar Bugar

Aktivitas berjalan kaki di pagi hari secara rutin yang dilakuakn dengan teratur akan membantu para ibu hamil menjaga kesehatan serta ikut mengurangi keluhan yang sering muncul selama masa kehamilan berlangsung.

Berdasarkan riset di Amerika, wanita hamil yang dalam keadaan bugar akan lebih mudah menjalani proses mengejan.

Bahkan, para wanita hamil yang rutin melakukan senam yoga atau senam hamil akan berpeluang besar menjalani proses persalinan lebih cepat daripada para wanita hamil yang jarang melakukan olahraga selama masa kehamilannnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur Selama Masa Kehamilan

Keluhan yang umum dan sering muncul dari ibu hamil yaitu kesulitan memejamkan mata atau tidur malam dengan baik. Dengan melakukan olahraga rutin seperti berjalan kaki di pagi hari, maka hal ini akan membantu para ibu hamil meminimalisir masalah kesulitan tidur malam hari.

Menjaga Kenaikan Berat Badan yang Wajar Selama Kehamilan

Terbiasa hidup sehat dengan sering menjalani latihan sehat seperti berjalan kaki pagi hari akan mambuat ibu hamil mampu menjaga kenaikan berat badan dengan wajar.

Hal tersebut berkaitan erat dengan aktivitas jalan kaki yang termasuk dalam latihan fisik untuk menjaga pembuluh darah para ibu hamil, sebab tak terlalu memberatkan atau membebani persendiaan juga bagian lutut. Dengan cara seperti ini, berat badan ibu hamil akan tetap terjaga.

Menghindari Stres Fisik dan Stres Mental

Latihan fisik yang dilakukan secara teratur oleh ibu hamil akan merangsang munculnya hormon endofrin. Hormon ini memiliki efek psikologis, yakni memberi rasa tenang secara mental.

Selain menghilangkan ketegangan mental, gerakan teratur seperti jalan kaki akan membantu wanita hamil menghindarkan diri dan meminimalisir stres fisik. Ya, hal ini karena berjalan kaki di pagi hari tak akan menyebabkan tubuh wanita hamil mengalami kelelahan secara berlebihan.

Jangan sepelekan kebiasaan jalan kaki untuk ibu hamil, karena jika jarang dilakukan saat memasuki trisemseter ketiga usia kandungan, waktu dan proses persalinan bisa saja tidak lancar. Jadi, Anda para bumil, lakukan jalan pagi sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *