Cara Mencegah Karies Gigi pada Anak

Karies gigi pada anak atau pembusukan gigi memang sering terjadi. Karies gigi ini selain berdampak pada rasa percaya diri anak juga akan berdampak pada perkembangan gigi pemanennya. Gigi susu yang mengalami pembusukan akan menyebabkan gigi permanen tumbuh dengan beraturan.

Cara Mencegah Karies Gigi pada Anak

Agar anak Anda tidak mengalami karies gigi, berikut ini beberapa cara untuk mencegahnya.

  • Lakukan Pembersihan Sejak Dini

Sejak gigi pertama tumbuh, jaga sealu kebersihan gigi anak Anda. Bersihkan juga gusinya dengan sikat gigi khusus bayi yang lembut. Sikat gigi khusus bayi ini bisa Anda dapatkan di supermarket-supermarket. Anda juga bisa menggunakan kain kasa yang lembab atau sedikit basah. Jika anak Anda sudah agak besar, bisa juga digunakan pasta gigi anak-anak sebesar biji jagung untuk membersihkan gigi.

  • Periksa Rutin

Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Meskipun gigi anak Anda tidak bermasalah, Anda tetap harus memeriksakannya. Ini juga bisa melatih anak untuk mengenal dan lebih akrab dengan dokter gigi sehingga ia akan terbiasa melakukan pemeriksaan gigi. Jadi, angan tunggu hingga gigi anak Anda bermasalah.

  • Biasakan Menggosok Gigi

Biasakan anak menggosok gigi minimal 2 kali sehari secara teratur. Caranya, biarkan anak melihat Anda menggosok gigi atau ajak anak menggosok gigi bersama sebeum tidur atau sesudah makan.anak-anak adalah seorang peniru yang hebat. Ia akan meniru apapun yang dilakukan oleh orang tuanya. Contohkan juga cara menyikat gigi yang baik dan benar.

  • Menu Makan Siang

Siapkan menu makan siang yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, keju, yoghurt, dan sebagainya. Hindari memberikan menu yang manis-manis dan lengket seperti dodol, kismis, karamel, dan sebagainya.

  • Pemakaian Sikat Gigi dan Alat Makan Masing-Masing

Hindari memasukkan sendok dan garpu pada anak jika sudah dipakai oleh Anda. Hindari juga pemakaian sikat gigi bersama karena kerusakan gigi ini bisa menular.

  • Ganti Sikat Gigi

Gantilah sikat gigi Anda dan keluarga setiap 3 bulan sekali. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk anak Anda.

  • Pasta Gigi Flouride

Hindari penggunaan pasta gigi berflouride untuk anak Anda. Pasta gigi berflouride yang tertelan dapat mengakibatkan enamel fluorosis.

  • Madu

Ganti gula yang biasanya Anda pakai untuk makanan si kecil dengan madu agar anak tidak  menyebabkan karies gigi.

  • Hindari Pemberian Minuman Manis Menjelang Tidur

Sebaiknya hindari memberikan makanan atau minuman yang manis saat menjelang tidur. Cairan manis bisa terperangkap di bagian bawah bibir dan menyebabkan gigi depan mereka membusuk.

Itulah informasi tentang cara mencegah karies gigi pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *